Langsung ke konten utama

OTTO Diperiksa Terkait Kasus Syarifuddin



Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa pengacara Otto Hasibuan sebagai saksi kasus dugaan suap yang melibatkan hakim (nonaktif) Pengadilan Niaga Jakpus Syarifuddin Umar. Selain ketua umum Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) itu, KPK juga memeriksa kembali tersangka kurator Puguh Wiryawan.

Juru bicara KPK Johan Budi menolak menjelaskan masalah peralihan aset milik PT Sky Camping Indonesia (SCI) yang diduga melibatkan pengacara Otto.

“KPK memang meminta keterangan Otto Hasibuan sebagai saksi pengacara Puguh Wiryawan, tapi kalau ditanya apakah Otto dimintai keterangan sebagai saksi yang mengetahui peralihan aset pailit, itu sudah substansi perkara. Saya tidak bersedia menjawab,“ ujarnya di Jakarta, kemarin.

Johan menegaskan dia tidak berwenang menjelaskan substansi perkara yang ditangani oleh tim penyidik KPK. “Soal substansinya itu kewenangan tim penyidik, saya tidak bisa menjelaskannya.“

PT SCI memiliki dua bidang tanah di Bekasi seharga Rp11 miliar dan Rp16 miliar. Dua bidang tanah yang ditetapkan sebagai barang agunan ini sudah lama dilelang.

Otto pernah menyatakan membeli aset berupa tanah senilai Rp11 miliar dan Rp16 miliar milik SCI sewaktu perusahaan itu tidak dalam kondisi pailit.

Menurut laporan Antara, tanah tersebut dibeli Otto sesuai dengan prosedur yakni dari Bank Negara Indonesia dengan status sebagai barang agunan.

Mahkamah Agung menyatakan PT SCI pailit pada 2007 atas permohonan PT Kemilau Surya Mandiri yang memiliki piutang Rp220 juta. Awalnya, MA menunjuk kurator Tafrizal Gewang dan Royandi Haikal, serta hakim pengawas Zulfahmi.

Tapi kemudian, MA menunjuk hakim Syarifuddin, sedangkan kuratornya adalah Puguh Wiryawan. Keduanya telah ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka karena pada 1 Juni lalu tertangkap saat akan melakukan transaksi suap-menyuap terkait aset milik SCI yang telah berstatus pailit.

Dalam penangkapan yang dilanjutkan penggeledahan dan pemeriksaan KPK di rumah hakim Syarifuddin di Sunter, Jakarta Utara, ditemukan uang Rp250 juta dan beberapa mata uang asing yang mencapai lebih dari Rp2,5 miliar yang kemudian dijadikan barang bukti.

Otto mengaku tidak mengenal hakim Syarifudin, namun mengenal kurator aset PT SCI Puguh Wiryawan. Pihak lain yang menjalani pemeriksaan KPK adalah pegawai BNI Johansyah serta pihak swasta Surosoh Suhaimi dan Royandi.

Panggilan Nazaruddin Terkait dengan kasus M. Nazaruddin, KPK menjadwalkan melakukan pemeriksaan kedua pada Kamis kepada mantan bendahara umum Partai Demokrat itu terkait suap Wisma Atlet.

“Pekan ini [Nazaruddin dipanggil lagi]. Untuk yang [dugaan penerimaan suap] Sesmenpora,“ papar Johan.

Dia menjelaskan surat pemanggilan kepada anggota Komisi VII DPR itu sudah dikirim di tiga tempat pada Senin lalu. “Kita lihat saja dulu apa dia akan datang atau tidak. Surat dikembalikan atau tidak, kita belum tahu.“

KPK telah memanggil Nazaruddin sebagai saksi terkait dengan kasus penyuapan Sesmenpora Wafid Muharram yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

KPK juga telah memanggil Nazaruddin sebagai saksi untuk memberikan keterangan pada Jumat lalu, terkait dengan kasus korupsi proyek pengadaan dan revitalisasi prasarana peningkatan mutu pendidikan di Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemendiknas.

Sumber: Bisnis Indonesia, 15 Juni 2011

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Jenis Pistol Terbaik di Dunia

10 Jenis Pistol Terbaik di Dunia Posted by  yang asik Minggu, 09 Desember 2012 0  komentar halo sobat  yangasik.com  :) Kata 'pistol' mulai digunakan untuk mendeskripsikan senjata api genggam pada abad ke-18. Pada abad ke-15 pistol berarti sebuah pisau kecil yang bisa disembunyikan di dalam pakaian. Pistol atau senjata api genggam dibagi menjadi dua jenis utama. Revolver, yang menggunakan kamar peluru yang berputar. Dan pistol biasa, yang kamar pelurunya menyatu dengan laras. Pistol menggunakan kaliber peluru yang bervariasi, dari .22 sampai .50 cal. Hari ini kami telah mengumpulkan daftar dari 10 pistol teratas untuk disimak : 10. SIGP250 P250 pistol SIG adalah asal Amerika dan Jerman . Dibuat oleh JP Sauer dan Anaknya Sig Sauer Exeter. Ini adalah pistol semi otomatis. Aksinya didasarkan pada operasi mundur dan dilengkapi dengan 17 peluru. Memiliki tampilan besi dengan basis 147 mm. 9. Heckler and Koch USP USP Heckler & Koch adalah asal Jerm