Langsung ke konten utama

Meneladani Nabi SAW dalam Kasus Xenia Maut




Terlepas dari kontroversi diperbolehkan atau tidak dalam Islam, kini peringatan yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal itu terasa jauh dari kesan Islami, misalnya diiringi oleh gamelan Sekaten di Cirebon dan pembacaan syair Barzanji.

Selain itu, maulid Nabi acapkali dirayakan malam hari dengan berbagai macam kegiatan perayaan. Momen seperti ini seringkali dimanfaatkan oleh muda-mudi untuk berkumpul hingga larut malam.

Ironis

Maulid Nabi ini seharusnya diperingati dengan merenungkan kembali keteladanan Rasulullah saw semasa hidupnya, bukan dirayakan dengan hal semacam itu.

Berbicara mengenai keteladanan, keteladanan Nabi saw. yang paripurna sebagai pribadi, pemimpin keluarga dan juga pemimpin negara, ternyata senantiasa relevan kita adopsi untuk menjawab segala tantangan dan problematika yang kita hadapi, contohnya dalam hal mewujudkan rasa keadilan pada insiden Xenia maut di dekat Tugu Tani Jakarta.

Awalnya, pengemudi Xenia maut itu hanya diancam hukuman 6 tahun berdasarkan pasal 310 UU No 22/2009. Tentu saja itu dinilai tidak adil oleh publik.

Solusinya akan sangat jelas jika merujuk pada tuntunan yang dibawa oleh Nabi saw yakni aturan Islam. Pertama, untuk kejahatan meminum miras dan kemudian melakukan kejahatan lain akibat terpengaruh miras, maka yang berlaku adalah jilid dicambuk 80 kali.

Kedua, untuk kejahatan mengkonsumsi narkoba, maka terhadapnya dijatuhkan sanksi ta'zir yakni berupa 10 kali cambukan, dipenjara 15 tahun, dan didenda sebesar Rp 1 miliar.

Ketiga, untuk kejahatan menewaskan 9 orang maka diterapkan jinayat pembunuhan tidak disengaja yaitu membebaskan budak mukmin dan membayar diyat kepada keluarga korban.

Membebaskan budak mukmin tidak bisa dilakukan sekarang sebab budak sudah tidak ada lagi sehingga yang harus dikenakan adalah wajib membayar diyat.

Diyat itu bisa dibayar dengan unta 100 ekor, atau emas 1.000 dinar (4.250 gram emas) yang jika diasumsikan 1 gr emas harganya Rp 500 ribu maka diyat yang harus dibayarkan untuk tiap orang korban adalah Rp 2,125 miliar.

Sementara untuk janin adalah seper sepuluh dari diyat orang dewasa, yakni Rp 212,5 juta.

Empat, untuk kejahatan menyebabkan 3 orang luka-luka, dilakukan perundingan antara kedua pihak mengenai biaya pengobatan dan ganti rugi. Sanksi dan solusi hukum begitu jelas sehingga tidak menyulitkan bagi aparat penegak hukum dalam menerapkannya.

Selain itu juga merealisasi rasa keadilan bagi semua dan memberikan efek jera yang bisa mencegah orang lain melakukan kejahatan serupa. Itulah tuntunan dan teladan dari Nabi saw terkait kasus tersebut.

Diluar semua itu, yang harus dipahami bahwa salah satu faktor utama terjadinya kasus itu adalah konsumsi miras dan narkoba. Hal itu bisa terjadi tentu karena sistem saat ini tetap mentolerir miras dan narkoba.

Berbeda dengan sistem Islam yang bersikap sangat tegas dengan mengharamkan narkoba serta miras, sehingga baik produksi, peredaran maupun penjualannya dilarang.

Bagi yang melanggarnya berarti melakukan tindakan kriminal dan dikenai sanksi yang bahkan lebih berat dari sanksi orang yang mengkonsumsinya. Dengan sistem Islam yang tegas dan jelas, rasa keadilan akan terwujud dan masyarakat selamat dari ancaman keburukan.

Dan itulah bentuk hakiki dari meneladani Nabi Muhammad saw dalam rangka memperingati kelahirannya yang kita rayakan setiap tahunnya.


Kamila Aziza Rabiula
Mahasiswi Universitas Padjadjaran
Gg. Mawar II No. 36 Jatinangor, Sumedang
arabiula@gmail.com
085320775170

Jakarta - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi yang sudah kental di kalangan kaum muslim seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Jenis Pistol Terbaik di Dunia

10 Jenis Pistol Terbaik di Dunia Posted by  yang asik Minggu, 09 Desember 2012 0  komentar halo sobat  yangasik.com  :) Kata 'pistol' mulai digunakan untuk mendeskripsikan senjata api genggam pada abad ke-18. Pada abad ke-15 pistol berarti sebuah pisau kecil yang bisa disembunyikan di dalam pakaian. Pistol atau senjata api genggam dibagi menjadi dua jenis utama. Revolver, yang menggunakan kamar peluru yang berputar. Dan pistol biasa, yang kamar pelurunya menyatu dengan laras. Pistol menggunakan kaliber peluru yang bervariasi, dari .22 sampai .50 cal. Hari ini kami telah mengumpulkan daftar dari 10 pistol teratas untuk disimak : 10. SIGP250 P250 pistol SIG adalah asal Amerika dan Jerman . Dibuat oleh JP Sauer dan Anaknya Sig Sauer Exeter. Ini adalah pistol semi otomatis. Aksinya didasarkan pada operasi mundur dan dilengkapi dengan 17 peluru. Memiliki tampilan besi dengan basis 147 mm. 9. Heckler and Koch USP USP Heckler & Koch adalah asal Jerm