Langsung ke konten utama

Nih, Sosok Datsun Pertama untuk Indonesia

Penulis: Aris F. Harvenda | Senin, 01 Juli 2013 | 15:00 WIB
Jakarta, KompasOtomotif — Kemunculan model pertama Datsun kian dekat. Pada pertengahan bulan lalu, Kamis (20/6/2013),KompasOtomotif sempat melihat dari dekat sosok hatchback yang bakal tampil perdana di India pada 15 Juli mendatang. Sayang, kesempatan berharga tersebut tidak disertai izin mengabadikannya dengan kamera. Nissan Motor Corporation meminta agar berita dan sketsa Datsun pertama baru bisa disiarkan pada pukul 15.00 WIB hari ini.



Sosok hatchback ini cukup dinamis dengan beberapa tarikan garis bodi tajam, di depan samping dan belakang. Gril besar dengan lubang sarang lebah persis seperti logo yang sudah diperlihatkan sebelumnya. Lampu depan model besar mirip dengan desain Latio. Dilihat dari samping, bagian kap terlihat agak menajam ke bawah.

Garis tajam
Lekukan garis bervariasi terdapat di pintu belakang, yang memberi nuansa berbeda dibanding para kompetitornya di segmen mobil kota. Lampu rem juga terlihat menonjol dengan dimensi lebih besar dari Nissan March. Uniknya, di bawah kaca belakang dibuat lekukan menonjol dan garis horizontal dekat logo Datsun.
Kalau di atap March ada 3 lekukan berbentuk boomerang, pada Datsun hanya ada garis memanjang di sisi luar. "Semua lekukan garis dirancang untuk meminimalisasi hambatan angin. Diharapkan dapat berkontribusi untuk mengirit bahan bakar. Lekukan di bagian atap bertujuan agar bodi kokoh," jelas Koji Nagano, Executive Design Director Datsun. 
Sesuai negara
Ruang kabin belum bisa dilihat karena masih kosong. Nagano menjelaskan, untuk kabin disesuaikan dengan kebutuhan di setiap negara. Baik untuk Indonesia, India, Rusia, maupun Afrika Selatan berbeda. Hal itu terlihat antara lain dari jok, head unit, dan konsol, termasuk material yang dipakai. Disebutkan, semua tergantung produsen pada produk lokal yang diajak bekerja sama. Kendati demikian, desain bakunya sama, terutama dasbor dan konsol boks.
Contoh Datsun yang diperlihatkan belum dipasangi suspensi dan as roda. Hanya pelek, yang berdiameter 13 inci dengan tapak 155 dan tebal 70. Akan terlihat lebih gagah dan keren jika pelek dan ban lebar berdiameter lebih besar, yaitu 14 inci.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Jenis Pistol Terbaik di Dunia

10 Jenis Pistol Terbaik di Dunia Posted by  yang asik Minggu, 09 Desember 2012 0  komentar halo sobat  yangasik.com  :) Kata 'pistol' mulai digunakan untuk mendeskripsikan senjata api genggam pada abad ke-18. Pada abad ke-15 pistol berarti sebuah pisau kecil yang bisa disembunyikan di dalam pakaian. Pistol atau senjata api genggam dibagi menjadi dua jenis utama. Revolver, yang menggunakan kamar peluru yang berputar. Dan pistol biasa, yang kamar pelurunya menyatu dengan laras. Pistol menggunakan kaliber peluru yang bervariasi, dari .22 sampai .50 cal. Hari ini kami telah mengumpulkan daftar dari 10 pistol teratas untuk disimak : 10. SIGP250 P250 pistol SIG adalah asal Amerika dan Jerman . Dibuat oleh JP Sauer dan Anaknya Sig Sauer Exeter. Ini adalah pistol semi otomatis. Aksinya didasarkan pada operasi mundur dan dilengkapi dengan 17 peluru. Memiliki tampilan besi dengan basis 147 mm. 9. Heckler and Koch USP USP Heckler & Koch adalah asal Jerm